Life, Love, Learn..

"Kau tidak akan pernah bisa memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya.. hingga kau menyusup ke balik kulitnya dan menjalani hidup dengan caranya." ~Indonesia Mengajar~
Sebuah tulisan yang menyadarkan saya pada realita yang berserakan disekitar kita. Ya, disadari atau tidak sebagian besar dari kita memang terlalu mudah dalam menyimpulkan sesuatu, sebuah kesimpulan yang diambil dari perspektif sempit dan egois!


Kita seringkali katakan bahwa kita peduli, tapi apakah kita benar-benar peduli? Kadang rasanya tidak.
Kita katakan bahwa ini atau itu adalah yang terbaik baginya, apakah benar demikian? Belum tentu.
Kadang kita putuskan sesuatu hanya dari sudut pandang kita.. 


Sudut pandang sempit yang semakin terasa menyempitkan seseorang untuk bergerak, tidak memberi keleluasaan yang seharusnya menjadi hak setiap orang untuk bergerak, berpendapat dan bersikap..

Sebuah refleksi diri..Sebuah keinginan untuk memahami dan dipahami..Sebuah pengharapan..Saya disisi ini..Bukan siapa-siapa.Bukan apa-apa.Mungkin juga tak akan menjadi apa yang kau harapkan..Tapi saya..Berdiri disini..Bukan tanpa tujuan..Bukan tanpa impian..Hanya saja mungkin kita melihat segala sesuatu dalam sudut pandang yang berbeda..Sehingga terasa sulit bagimu mengenali diri ini dengan utuh..Tak jua mengapa, jika itu yang terjadi..Karena perbedaan yang mengajarkan saya banyak hal dalam hidup..Tidak juga semuanya perlu dimengerti dalam 1 bahasa yang sama.. :)

*) Note: Terimakasih diberi kesempatan berkaca pada diri! :p

Categories:

Leave a Reply